Serena C23 SGL

Nissan Serena C23 tipe ini merupakan keluaran paling awal di Indonesia, sekitar 1996 sampai 1997. Bermesin bensin 2,0 liter, tepatnya 1998 cc dengan transmisi automatic (A/T). Mesinnya menggunakan mesin legenda SR20DE, mesin sama yang digunakan oleh Nissan 200SX dan Nissan Silvia (non turbo).

Menurut yang tercantum di brosur Serena C23 tipe SGL bermesin SR20DE ini memiliki tenaga 148 daya kuda. Selain bertenaga serena tipe ini juga mengedepankan kenyamanan. Seperti yang terlihat di brosur jok tengahnya dapat diputar berhadapan dengan jok belakang layaknya mobil limousin. Fitur standar ini juga ada di tipe FGX (M/T).

Panel AC depan dan belakang sudah dalam bentuk digital seperti halnya mobil masa kini. Untuk panel AC belakang dikontrol menggunakan remote yang ditempatkan di samping penumpang tengah.

 

Versi orisinal mobil ini memiliki jok dari bahan corduroy yang lembut dan nyaman. Tetapi umumnya, pengguna banyak yang menggantinya dengan cover jok berbahan kulit.

Secara umum baik tipe FGX ataupun SGL memiliki mesin di tengah (mid-engine), tepatnya di bawah jok depan. Jadi, kap depan isinya kondensor, radiator, aki, dan ban serep. Mobil ini memiliki 2 pintu di samping kiri & kanan depan, 1 pintu geser (slide) di samping kiri tengah, dan 1 pintu belakang. Berpenggerak roda belakang (RWD). Sistem ini memberikan keseimbangan yang lebih baik karena roda depan berfungsi sebagai pengendali, sedangkan penggeraknya dilakukan oleh roda belakang.

Letak mesin dan isi di bawah kap depan Serena C23, foto diambil dari Serena C23 FX Rio keluaran 1995 (Jepang), SR20DE dengan transmisi manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *