Facelift Nissan Serena C23 di Eropa

Sepanjang produksinya, Nissan Serena C23 mengalami beberapa facelift. Arti facelift di sini maksudnya adalah perubahan minor seperti desain muka dan interior, desain secara umum dan bodinya sebagian besar tidak berubah. Jika dibandingkan dengan tipe SGL dan FGX yang ada di Indonesia, perbedaan Serena C23 di Eropa ini cukup signifikan. Berikut ini kami akan membahas facelift Serena C23 yang ada di Eropa. Sebagai catatan, tulisan ini berdasarkan data-data yang tersebar di internet, jika ada informasi yang lebih valid tentunya akan segera kami update.

Berdasarkan data dari brosur serta manual book yang beredar di Eropa. Serena C23 awal beredar di eropa mulai dari tahun 1992 hingga tahun 1999, walaupun demikian di Jepang sudah dipasarkan dari tahun 1991. Serena C23 masih sering disebut Nissan Vannete Serena, karena mungkin pihak Nissan masih ingin mengaitkan tipe ini dengan pendahulunya Nissan C22 Vannete. Facelift Serena C23 di eropa yang signifikan terjadi antara 1995 ke 1996, perubahannya dapat dikenali dari desain grill dan bemper depan (lihat gambar di bawah).

serena c23 facelift
Sebelah kiri warna merah, facelift 1992-1995. Sebelah kanan warna hijau, facelift 1996-1999.  

Untuk lampu bagian belakang Serena C23 di Eropa hampir tidak ada perubahan yang signifikan. Bentuknya juga berbeda dengan yang umumnya beredar di Jepang, Asia, Australia. Cuma, sama dengan Serena C23 Cargo. Bentuk lampunya kotak, di kanan kiri terpisah. Sedangkan yang beredar di Jepang, Asia, Australia bentuk lampu belakang kanan kirinya tersambung menjadi satu.

Serena C23 Facelift di Eropa 1992-1995

Serena C23 facelift awal yang beredar di eropa ini sama dengan model tahun 1991 yang beredar di Jepang. Memiliki grill depan/lubang hidung depan yang terbagi dua. Kemudian bagian bempernya memiliki sein persegi di masing sisinya serta garis-garis lubang yang cukup tegas.

Sebelumnya ada yang mengira, desain facelift seperti ini cuma ada di Serena bermesin diesel. Nyatanya, bukan hanya diesel. Facelift awal ini tersedia mesin bensin 2000 cc (SR20DE), bensin 1600 cc (GA16DE), dan Diesel 2000 cc (LD20-II). Selain itu, supensi belakang tersedia dua model, yaitu model Independent Rear Suspension (multi-link) dan Rigid (per-daun). Berbeda dengan yang ada di Indonesia cuma ada tipe suspensi  Independent Rear Suspension (multi-link).

Sub-tipe yang tersedia terdiri dari tipe tertinggi SGX, tipe SLX, dan tipe terendah LX. Perbedaan yang signifikan dari sub-sub tipenya ada di bagian kemudi dan susunan bangku (lihat gambar di atas). Selain itu jika dibandingkan dengan yang beredar di Indonesia design dashboardnya cukup berbeda.

« 1 of 7 »

Serena C23 Facelift di Eropa 1996-1999

serena c23 eropaSerena C23 facelift kedua ini tampaknya cuma ada di negara-negara Eropa seperti Inggris (UK), Irlandia, Jerman, Spanyol, dll. Grill depan/lubang hidung depannya tetap terbagi dua. Tetapi, memiliki garis lubang yang bulat dinamis seperti sayap terkembang. Kemudian bagian bempernya juga jauh lebih bulat dan dinamis, sein persegi di design sebelumnya pindah ke samping lampu utama. Terdapat dua lubang udara berbentuk bulat kecil di kedua sisi bemper.

Facelift kedua ini selain tersedia mesin bensin 2000 cc (SR20DE), bensin 1600 cc (GA16DE), dan Diesel 2000 cc (LD20-II),  tersedia juga mesin Diesel 2300 cc (LD23) . Semuanya non turbo (naturally aspirated engine). Sub-tipe yang tersedia terdiri dari tipe tertinggi Excursion, tipe Occasion, dan tipe terendah GX. Perbedaan yang signifikan dari sub-sub tipenya ada di bagian interior serta finishing bemper.

« 1 of 8 »

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *